5 Sistem Operasi Terbaik Untuk Penetration Testing

5 Sistem Operasi Terbaik Untuk Penetration Testing – Sebelum kita membahas tentang “Sistem Operasi untuk Penetration Testing”, sebaiknya kita harus mengetahui tentang Penetration Testing itu sendiri. Penetration Testing (disingkat Pentest) merupakan sebuah kegiatan yang dilakukan seseorang untuk mencoba menstimulasi serangan atau melakukan pengujian terhadap keamanan yang ada sebuah sistem atau jaringan tersebut. Pengujian ini dilakukan untuk menemukan celah (bug) keamanan dari sistem atau jaringan, dan digunakan untuk memperbaiki sisi keamanan dari sistem atau jaringan tersebut. Adapun orang yang melakukan Penetration Testing (Pentest) disebut dengan Pentester.
Untuk melakukan Penetration Testing, seorang pentester tidak akan bisa melakukan tugasnya tanpa menggunakan komputer, salah satu yang berperan penting dalam kegiatan ini yaitu Sistem Operasi. Kegiatan Penetration Testing saat ini banyak menggunakan sistem operasi berbasis Linux. Berikut 5 Sistem Operasi Terbaik Untuk Penetration Testing:

5 Sistem Operasi Terbaik Untuk Penetration Testing

1.         Kali Linux
Kali Linux merupakan sistem operasi yang sangat popular dikalangan Penetration Testing. Kali Linux merupakan turunan dari sistem  operasi Backtrack. Sistem Operasi ini dibuat khusus untuk melakukan  penetration testing. Dan lebih stabil dibanding dengan sistem operasi backtrack. Di dalam Kali Linux terdapat banyak tools-tools penetration testing yang bisa kita gunakan. OS ini memberikan keamanan dari kerentanan OS lain dan merupakan perkembangan dari distro Debian. Dan tambilan nya sangat menarik, hal ini yang menyebabkan saya menyukai sistem operasi ini.

2.        Backtrack
Sistem Operasi Penetration Testing
Sebelum munculnya sistem operasi Kali linux, Backtrack merupakan sangat digemari bagi kalangan pentester. Backtrack memiliki tools yang bisa kita gunakan untuk proses scanning, forensics, exploitation dan lainnya. Sistem operasi ini banyak memakan waktu dalam proses pengembangannya sehingga saat ini tidak lagi dikembangkan oleh pengembangnya.

3.     Parrot Security OS
Sistem Operasi Penetration Testing
Parrot Security OS merupakan sebuah sistem operasi yang digunakan untuk melakukan penetration testing. Parrot Security OS adalah gabungan dari Sistem Operasi GNU/Linux berbasis Debian dengan mengkombinasi FrozenBox OS dan Kali Linux agar lebih powerfull dalam melakukan pentest. Tools Parrot Security OS lebih banyak dibandingkan dengan Kali Linux atau Backtrack. Dan tampilan deskto Mate sebagai defaultnya menjadikan sistem operasi ini sangat ringan. Dan saya pun telah mencobanya, sangat ringan untuk spesifikasi komputer yang rendah.

4.         Backbox
Sistem Operasi Penetration Testing
Backbox adalah sebuah sistem operasi untuk penetration testing berbasis Ubuntu. OS ini dibuat oleh pengembangnya bertujuan agar lebih mudah dalam melakukan penetration testing. OS berbasis ubuntu ini memiliki banyak tools penetration testing layaknya Kali Linux seperti Exploitation , sniffing, forensic, dan lainnya.

5.         Bugtraq
Sistem Operasi Penetration Testing
Bugtraq merupakan sebuah sistem operasi yang digunakan untuk penetration testing dan dibangun dengan berbasis pada Ubuntu, Debian dan OpenSuse. Sistem operasi ini dilengkapi dengan XFCE, Gnome dan KDE Window Manager. Dan juga memiliki tools yang lebih banyak dibandingkan dengan OS lainnya, mencakup smartphone pentesting.

5 Sistem Operasi Untuk Penetration Testing diatas merupakan OS terbaik untuk melakukan Pentest. Jadi silahkan pilih sistem operasi mana yang nyaman bagi anda untuk melakukan penetration testing. Sekian postingan mengenai “5 Sistem Operasi Terbaik Untuk Penetration Testing”. Terima Kasih ^_^



Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "5 Sistem Operasi Terbaik Untuk Penetration Testing"

Post a Comment