Cara Bootable Flashdisk Windows Tanpa Software Lewat CMD

Cara Bootable Flashdisk Windows Tanpa Software Lewat CMD – Pada postingan kali ini saya akan memberikan tutorial “Cara Bootable Flashdisk Windows Tanpa Software Lewat CMD”, sebelum kita mempraktekan tutorial ini sebaiknya kita harus mengetahui fungsi bootable flashdisk ini. Bagi kalian pengguna netbook, akan mengalami kesulitan saat ingin menginstal ulang sistem operasi anda dikarenakan pada netbook tidak terdapat DVD drive untuk CD instalasi. Untuk mengatasi hal itu, dilakukan bootable menggunakan flashdisk. Fungsi dari bootable ini yaitu menjadikan sebuah flashdisk sebagai instalasi windows pada saat akan install ulang.

Kita dapat melakukan bootable flashdisk untuk instalasi windows menggunakan sebuah software, seperti YUMI, Universal USB installer, Rufus, Power Iso dan lainnya. Akan tetapi, pada tutorial ini kita tidak menggunakan software aplikasi untuk bootable melainkan kita menggunakan CMD (Command Prompt) merupakan aplikasi bawaan dari windows.
Oke langsung saja, tutorial cara bootable flashdisk windows tanpa software lewat cmd. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
  1. Pertama, anda harus memiliki sebuah flashdisk untuk menjadikannya installer windows. Minimal ukuran flashdisk nya 4 GB.
  2. Kedua, anda harus memiliki installer windows yang akan kita bootable yakni berbentuk ISO.
  3. Colokkan flashdisk pada komputer anda. Lalu kita buka cmd (Command Prompt) dengan cara tekan tombol windows + R, lalu kita ketikan “cmd”, lalu tekan ok / enter atau dengan mengklik “start>all programs>Accessories>Command Prompt”.
  4. Setelah jendela command prompt terbuka, lalu kita ketikkan “diskpart” dan enter. Maka akan muncul jendela administrator dan klik “yes”.
  5. Dan akan muncul jendela Diskpart. Selanjutnya kita akan melakukan bootable flashdisk. Sebelumnya kita harus melihat posisi dari flashdisk kita dengan mengetikkan perintah “list disk”. Dalam hal ini flashdisk kita berada pada disk 1.
  6. Selanjutnya pilih flashdisk kita dengan “select disk 1”, enter. Dan ketikan perintah “clean”, enter.
  7. Tahap selanjutnya kita buat partisi primary didalam flashdisk. Dengan mengetikan “create partition primary”, lalu enter. Dan kita akan masuk ke partisi tersebut dengan mengetikan “select partition 1”, lalu enter. Agar partisi tersebut aktif, kita ketikan “active”, dan kita enter.
  8. Dan kita lakukan format terhadap flashdisk yang akan kita jadikan bootable. Dengan mengetikan “format fs=fat32”, anda bisa mengganti fs=fat32 dengan fs=ntfs. Lalu tunggu sampai proses format 100%.
  9. Setelah proses format selesai. Kita ketikan “assign” supaya flashdisk muncul kembali. Tadaaaa… Proses bootable flashdisk lewat cmd selesai. Dan kita ketikan “exit”.
  10. Proses selanjutnya yaitu mengcopy isi windows yang berformat ISO kedalam flashdisk. Untuk mengcopy isi nya, anda harus mengekstrak isi ISO tersebut menggunakan winrar, setelah itu anda copy kan isi installer windows tersebut ke flashdisk.
  11. Selesai installer windows menggunakan flashdisk siap digunakan.
Untuk lebih jelas nya anda bisa lihat gambar dibawah ini.
Cara Bootable Flashdisk Windows Tanpa Software Lewat CMD

Semoga tutorial Cara Bootable Flashdisk Windows Tanpa Software Lewat CMD ini bermanfaat. Sekian postingan kali ini, terima kasih.   

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Bootable Flashdisk Windows Tanpa Software Lewat CMD"

Post a Comment