Cara Instal Xampp di Windows

Cara Instal Xampp di WindowsSebelum kita menginstal Xampp pada windows, sebaiknya kita harus mengetahui Xampp itu sendiri. Xampp adalah sebuah perangkat lunak atau software bebas, yang dapat mendukung banyak system operasi, dan merupakan sebuah kompilasi dari beberapa program.
Fungsi Xampp adalah sebagai sebuah server yang berdiri sendiri atau kita sebut denga localhost, yang terdiri atas program Apache HTTP server, MySQL database, dan penerjemah bahasa yang kita tulis denga bahasa pemograman yaitu PHP (Personal Home Page) dan Perl.
Xampp merupakan sebuah singkatan, singkatan adalah sebagai berikut:
1.              X : Program ini dapat dijalankan pada berbagai sistem operasi, seperti Windows, Mac Os, dan Linux.
2.             A : Apache, merupakan sebuah program web server. Dimana Apache bertugas menampilkan halaman web kepada user berdasarkan bahasa pemograman PHP.
3.             M : MySQL, merupakan sebuah program database server. MySQL berfungsi untuk membuat dan mengelola sebuah database serta isinya. Kita juga dapat menggunakan MySQL untuk menambah, menghapus dan mengubah data yang ada dalam database.
4.             P : PHP, merupakan sebuah bahasa pemograman yang berfungsi untuk membuat web yang bersifat server-side scripting. Dengan PHP kita dapat membuat halaman web yang bersifat dinamis.
5.             P : Perl, merupakan salah satu bahasa pemograman.
Untuk dapat menggunakan aplikasi Xampp ini, anda harus mendownload nya pada situs resmi nya yaitu http://www.apachefriends.org .
Selanjutnya kita akan membahas Cara Instal Xampp di Windows. Untuk menginstal Xampp, kita ikuti step by step dibawah ini. Cekidot :D hehehe.

Cara Instal Xampp di Windows

Proses Installasi Xampp di Windows

1.              Pertama, anda harus memiliki installer Xampp di komputer anda. Dengan mendownload Xampp pada situs resminya, maka anda akan mendapatkan installernya. Bila proses download sudah selesai, maka Anda akan mempunyai file xampp-win32-1.7.7.exe.
2.             Selanjutnya anda double klik pada installer Xampp tersebut, sehingga muncul jendela instalasi Xampp. Lalu anda klik next untuk proses selanjutnya.
3.             Selanjutnya akan muncul jendela baru, dimana pada jendela ini anda akan menentukan dimana akan diletakkan hasil instalasi Xampp tersebut, dengan cara browse dan pilih lokasi penyimpanan. Setelah itu pilih next.
4.             Tahap berikutnya akan muncul jendela baru, dimana terdapat beberapa pilihan checkbox. Pada pilihan ini anda dapat memilih yang sudah ada, atau memilih service seperti filezilla, MySQL, dan Apache. Dan pilih install untuk proses instalasi, tunggu sampai proses selesai.
5.             Jika pada saat proses instalasi muncul jendela cmd, dan ada tulisan “Please enter anykey…” maka anda harus menekan sembarang tombol untuk melanjutkan.
6.             Setelah proses selesai, maka anda akan menekan tombol finish pada jendela tersebut. Tadaaaa… Proses instalasi Xampp di windows akhirnya selesai. :D hehehe

Untuk dapat menjalankan Xampp, anda dapat membukanya pada desktop komputer anda atau dengan Start > All Programs > XAMPP for Windows > XAMPP Control Panel.
Untuk menjalankan service XAMPP secara lengkap, silahkan menekan tombol Start pada Apache dan MySql. Bila terdapat tulisan Running pada keempat service tersebut, maka semuanya berjalan normal. Anda dapat mengklik Exit sekarang.
Cara Instal Xampp di Windows

Untuk mengecek apakah Xampp berjalan, anda tinggal buka browser yang anda punya pada tab url ketikan “localhost” lalu enter. Maka akan muncul gambar seperti gambar dibawah ini.
Cara Instal Xampp di Windows

Sekian postingan mengenai Cara Instal Xampp di Windows, semoga bermanfaat bagi anda. Sekian dan terima kasih J.


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Instal Xampp di Windows"

Post a Comment