Percabangan If, If-else, dan If Bersarang pada Java

Percabangan If, If-else dan If bersarang pada Java - Percabangan di dalam Java terdapat 2 macam bentuk, yaitu percabangan if dan percabangan switch. Akan tetapi kali ini saya tidak akan membahas percabangan switch, mungkin pada postingan berikutnya. Percabangan if adalah salah satu bentuk pernyataan dalam kondisi tertentu berguna mengambil keputusan terhadap 2 kemungkinan atau lebih. Pada dasarnya percabangan if terdapat 2 bentuk, yaitu if yang menggunakan else dan if yang tidak menggunakan else.

Percabangan If

Suatu pernyataan yang dikerjakan hanya satu dan pernyataan tersebut bernilai benar (true), maka syntak if tersebut sebagai berikut :
If ( ekspresi_boolean ) {
Pernyataan 1;
}
Pernyataan 1 akan dikerjakan jika nilai dari ekspresi_boolean diatas bernilai benar (true).

Contoh Programnya :
public percabangan_if {
public static void main (String [] args) {
int hasil=80;
If (hasil>50) {
System.out.println(“Anda Lulus dengan nilai ”+hasil);
}
}
}

Dari program diatas dapat kita simpulkan bahwa, jika nilai variabel hasil lebih besar dari 50, maka program tersebut akan menampilkan hasil yaitu “Anda Lulus dengan nilai 80”. Dan apabila nilai variabel hasil lebih kecil atau sama dengan 50, maka program tersebut tidak akan menampilkan hasil.

Percabangan If-else

Percabangan if-else digunakan untuk mengeksekusi 2 buah pernyataan dengan syarat tertentu dimana ada if yang bernilai benar dan if yang bernilai salah. Sintaks dari if-else adalah sebagai berikut :
If (kondisi) {
Pernyataan 1 ; // jika kondisi if bernilai benar (true)
}
else {
pernyataan 2 ; // jika kondisi if bernilai salah (false) 
}
Dari sintaks diatas dapat kita lihat, jika nilai dari kondisi pada if bernilai benar maka program akan menjalankan pernyataan 1. Dan jika kondisi dari if bernilai selain dari kondisi if yang pertama, maka akan dijalankan pernyataan 2.
Contoh programnya :
public class percabangan_if_else {
public static void main (String [] args) {
int nilaimhs = 80;
if (nilaimhs >70) {
            System.out.println(“Selamat, anda lulus dengan nilai “+nilaimhs);
} else {
System.out.println(“Maaf, anda tidak lulus”);
}
}
}

Dari program diatas, terdapat 2 kondisi yaitu jika nilaimhs lebih dari 70 maka program tersebut akan menampilkan “Selamat, Anda lulus dengan nilai 80”. Sebaliknya, jika nilaimhs kurang dari atau sama dengan 70 maka program akan menampilkan “Maaf, anda tidak lulus”. Dalam hal ini, pada pernyataan 2 berupa else tidak memerlukan kondisi seperti if .

Percabangan if bersarang

Percabangan if bersarang sama hal nya dengan percabangan if-else, perbedaannya terletak pada kondisinya dimana pada percabangan if-else hanya ada 2 buah kondisi yaitu benar dan salah. Sedangkan pada percabangan if bersarang, ada lebih dari 2 kondisi dimana program akan melakukan pengecekan satu per satu tiap kondisi yang dikehendaki sampai ditemukan kondisi yang bernilai benar. Sintaks dari percabangan if bersarang :
If (kondisi 1) {
Pernyataan 1 ; //Jika Kondisi benar, akan dieksekusi dan proses pengecekan  berhenti. Jika tidak benar, maka akan di cek pada kondisi berikutnya.
}
else if (kondisi 2) {
Pernyataan 2 ; //Jika Kondisi benar, akan dieksekusi dan proses pengecekan berhenti. Jika tidak benar, maka akan di cek pada kondisi berikutnya.
}
else if (kondisi 3) {
Pernyataan 3 ; //Jika Kondisi benar, akan dieksekusi dan proses pengecekan berhenti. Jika tidak benar, maka akan di cek pada kondisi berikutnya.
}
else {
Pernyataan 2 ; //Jika Kondisi diatas tidak ada yang bernilai, maka akan dieksekusi dan proses pengecekan berhenti.
}
Dari sintaks diatas dapat kita mengetahui cara penggunaan percabangan if bersarang. Bisa anda lihat contoh penggunaan percabangan if bersarang pada gambar dibawah.
Percabangan If, If-else, dan If Bersarang pada Java

Mungkin itu saja mengenai Percabangan If, If-else, dan If Bersarang pada Java. Semoga bermanfaat bagi pembaca maupun penulis. Sekian, terima kasih.



Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Percabangan If, If-else, dan If Bersarang pada Java"

Post a Comment