7 Desktop Environment Populer Di Linux


7 Desktop Environment Populer Di Linux

Halo, para pengguna linux kembali lagi bersama saya. Kali ini saya akan menjelaskan "Desktop Environment  yang Terkenal Pada Linux". Sebelum kita membahas mengenai ketujuh DE (Desktop Environment) tersebut, sebaiknya kita harus mengetahui Desktop Environment itu sendiri.
Desktop Environment (DE) merupakan sebuah tampilan grafis antarmuka pengguna atau kita sebut dengan Graphichal User Interface (GUI), dimana tampilan tersebut di design untuk mempermudah pengguna dalam mengakses dan melakukan konfigurasi serta modifikasi fitur yang ada didalam sebuah paket sistem operasi.

Akan tetapi, pengguna linux tidak dapat mengakses semua fitur dari tampilan GUI tersebut. Hal itu disebabkan masih adanya penggunaan baris perintah (Command Line) di terminal ketika ingin mengakses secara mutlak sebuah sistem operasi.
 

Desktop Environment dapat berupa sebuah icon, shortcut, folder, wallpaper, dan lainnya.
Pada sistem operasi linux terdapat desktop environment paling populer di linux. Oke langsung ke intinya, berikut desktop environment yang populer :

  1. GNOMEGNOME adalah sebuah proyek yang awalnya bertujuan untuk menciptakan suatu desktop environment pada linux yang mudah digunakan. GNOME merupakan salah satu yang paling banyak digunakan di lingkungan Linux. Penciptaan nama GNOME ini merupakan akronim dari GNU Network Object Model Environment. Distro yang menggunakan GNOME yaitu seperti Debian, Fedora, Ubuntu, dan lainnya.
    gnome
  2. XFCEXfce adalah sebuah software desktop bebas untuk sistem operasi Unix dan platform yang serupa dengan Unix lainnya, seperti BSD, Solaris, dan Linux. Xfce memiliki tujuan sebagai desktop environment yang ringan, mudah dan menarik secara visualisasi.Xfce memiliki kemampuan untuk menjalankan desktop modern pada hardware yang relatif sederhana. Konfigurasi Xfce sepenuhnya digerakkan menggunakan mouse. Distro ini banyak digunakan pada distro linux seperti Backbox,Xubuntu, dan lainnya.
    xfce
  3. LXDELXDE merupakan singkatan dari Lightweight X11 Desktop Environment. LXDE merupakan sebuah desktop environment yang ringan dan cepat. LXDE diciptakan agar ramah terhadap pengguna dan design yang ramping. LXDE kaya akan fitur sistem operasi, walaupun menggunakan RAM dan CPU yang berkemampuan rendah dan hal ini dapat menghemat energi. Distro linux yang menggunakan desktop environment ini, contohnya Fedora dan Manjaro LXQt.
    lxde
  4. MATEMATE merupakan desktop environment cukup populer yang dikembangkan dari GNOME 2 dan hadir dengan koleksi aplikasi dari GNOME 2. MATE ditujukan bagi pengguna yang tidak ingin pindah ke GNOME 3. DE ini mudah dikustomisasi, ringan dan juga simpel pastinya.
    Desktop Environment Populer Di Linux
  5. KDEKDE merupakan salah satu desktop environment dan sebuah platform pengembang aplikasi dibangun dengan toolkit Qt. KDE memberikan kemudahan terhadap pengguna, fleksibel, portabel, dan fiturnya yang kaya. Diperlukan spesifikasi tinggi untuk menjalankan grafis secara maksimal, namun desktop environment ini dibilang untuk perangkat yang memiliki spesifikasi rendah. Distro linux yang menggunakan DE ini adalah Linux, BSD dan Solaris. Tidak hanya linux KDE juga digunakan untuk MacOs.
    Desktop Environment Populer Di Linux
  6. UNITYUNITY merupakan desktop environment yang digunakan oleh distro Ubuntu. Unity dikembangkan oleh Canonical dan berbasis dari GNOME 3. Unity memiliki tampilan yang solid dan mudah digunakan. Namun Unity hanya digunakan di distro Ubuntu saja.
    Desktop Environment Populer Di Linux
  7. CinnamonCinnamon adalah sebuah desktop environment dikembangkan dari GNOME 3 dan awalnya didesain khusus untuk Linux Mint. Tampilannya yang menarik dan nyaman bagi penggunanya.
    Desktop Environment Populer Di Linux

Demikian daftar Desktop Environment yang populer di Linux. Semoga artikel tentang "Tujuh Desktop Environment Paling Populer Pada Linux" ini bermanfaat bagi anda. Mungkin itu saja dari postingan ini, semoga bermanfaat bagi anda. Terima Kasih.   

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "7 Desktop Environment Populer Di Linux"

Post a Comment