Pengertian Dan Kegunaan Swap Pada Linux

Penjelasan Dan Fungsi Swap Pada Linux 

 

Hallo, linuxer Indonesia. Bagi kalian yang menggunakan OS linux, mendengar kata "Swap" adalah hal yang tidak asing di telinga para pengguna linux. Pada saat kalian ingin menginstal OS linux, kalian awalnya bertanya kepada teman atau guru yang telah berpengalaman di dunia linux. Ketika kalian sedang menginstal dan merasa bingung pada saat partisi harddisk, saat itu teman atau guru kalian akan memberi tahu agar memberikan partisi Swap.
Pengertian Dan Kegunaan Swap Pada Linux

Mungkin kalian yang belum tahu, akan bertanya-tanya "apa itu swap???" Untuk itu pada postingan kali ini saya akan menjelaskan tentang Penjelasan dan  fungsi Swap pada Linux. 

Oke langsung saja, pertama kita bahas mengenai Pengertian Swap itu sendiri. Swap merupakan sebuah ruang yang dijadikan virtual memori pada harddisk yang digunakan ketika komputer anda membutuhkan banyak memori.Dan Swap ini bekerja sebagai memori cadangan ketika ruang pada memori RAM penuh pada saat melakukan pekerjaan yang memakan banyak memori. Kita ibaratkan RAM sebagai Gudang dan Swap sebagai ruang kosong, dimana sebuah gudang yang pasokan barangnya berlebih dan barang tersebut harus di simpan, namun kapasitas dari gudang tersebut tidak muat. Sehingga kita membutuhkan ruang kosong untuk menyimpan barang tersebut. Seperti itulah ilustrasi mengenai Swap.

Swap ini sangat dibutuhkan saat sebuah komputer yang memiliki kapasitas ukuran RAM yang minimum. Supaya dapat meningkatkan kinerja dari komputer tersebut. 

Anda akan bertanya berapa sih kapasitas partisi Swap yang akan kita buat untuk menginstal Linux???


Bagi kalian yang dulunya SMK jurusan TKJ, telah mengetahui berapa dan bagaimana cara menghitung ukuran kapasitas untuk Swap pada Linux. Katakanlah memori RAM yang kalian gunakan 512 MB, maka kita harus membuat kapasitas Swap tersebut menjadi 1 GB. Pada umumnya, ukuran kapasitas dari Swap adalah dua kali ukuran RAM. Mungkin kalian bertanya kembali, jika kita memiliki RAM 8 GB, apakah harus partisi Swap nya 16 GB??? Memang betul bahwa ukuran Swap itu adalah dua kali memori RAM, tetapi itu hanya untuk perangkat/komputer yang memiliki ukuran RAM yang minim. Jadi ukuran dari partisi Swap tersebut saya anjurkan adalah 1 GB atau 2 GB, itu sudah cukup.


Setelah mengetahui pengertian dari Swap itu, kalian juga harus mengetahui kegunaan Swap. Berdasarkan yang kita utarakan diawal tadi, kegunaan dari Swap yaitu sebagai resource tambahan ketika memproses sebuah program space dari RAM tersebut kurang yang disebabkan ukuran dari RAM yang minim.


Setelah kalian mengetahui keduanya, maka pada saat kalian melakukan partisi harddisk ketika menginstal linux, kalian tidak bingung lagi dalam mengisi ukuran partisi Swap tersebut.


Mungkin itu saja yang dapat jelaskan, semoga artikel mengenai "Penjelasan Dan Fungsi Swap Di Linux" ini bermanfaat. Terima Kasih.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pengertian Dan Kegunaan Swap Pada Linux"

Post a Comment